8 text editor paling populer yang fleksibel dan mudah digunakan untuk para web developer

Text Editor merupakan kebutuhan pokok, umumnya aplikasi yang populer adalah yang sederhana dan tidak terlalu kompleks. Beberapa tools tersebut akan diulas dibawah ini.

Bluefish

Bluefish merupakan salah satu text editor yang paling populer dan terbaik untuk development hingga saat ini. Text editor yang ringan ini mendukung pengembangan HTML, XHTML, CSS, XML, PHP, C, Javascript, Java, SQL, Perl, ColdFusion, JSP, Python, Ruby dan Shell. Dirilis dengan lisensi GNU GPL, dan pengembangan proyek open source ini dapat berjalan di sebagian besar POSIX compatible OS termasuk Linux, FreeBSD, MacOS-X, OpenBSD dan Solaris.

Notepad++

Notepad++ bisa disebut merupakan peningkatan dari Notepad yang asli dimana memiliki hampir setiap fitur yang dapat di embed di teks editor. Versi gratis dari code editor ini mendukung banyak bahasa seperti C, C++, C#, Java, HTML, Javascript, CSS, PHP, Perl dan masih banyak lagi. Fitur dari editor ini diataranya : Auto Completion, Multiview, MultiDocument, Brace and Indent, Drag and Drop, Syntac Coloring dan masih banyak lagi. Kepopuleran editor ini terbukti dengan jumlah download hingga lebih dari 13 copy.

UltraEdit

Dengan pengguna lebih dari 2 juta user seluruh dunia, ini merupakan salah satu text editor yang powerful yang memiliki keleluasaan dan kemudahan dalam penggunaan. Dapat digunakan untuk HTML, PHP, Javascript, Perl, C, C++, dan masih banyak lagi jenis bahasa pemrogramman. Editor ini mampu bekerja sebagai text editor sederhana atau hex editor.

PSPad

PSPad adalah freeware editor untuk sistem operasi Windows yang sederhana dan canggih. Editor ini memiliki fitur embedded spell checker, syntax highlighting dan mendukung banyak tipe file dan bahasa. Mudah dalam instalasi dan mudah dalam penggunaannya. PSPad memiliki HEX editor, Project Support, FTP Client, Macro Recorder, File Search/replace Options, Code Explorer dan masih banyak lagi.

Vim

Vim merupakan salah satu text editor yang sangat powerful dan populer. Editor ini sangat fleksible dan mudah dikonfigurasi untuk efisiensi dalam editing teks. Vim merupakan pengembangan dari Vi editor yang dibuat untuk UNIX system. Editor ini dapat digunakan untuk berbagai macam bentuk bahasa pemrograman hingga teks editor sederhana yang disebut evim atau Easy Vim. Vim tidak menyediakan WYSIWYG editing, tetapi bekerja dengan sangat baik dengan TeX. Versi modern dan canggih dari Vim adalah Cream, yang tersedia untuk Windows, dengan lisensi GNU/Linux dan Free BSD.

Notepad 2

Teks editor yang cepat dan ringan. Notepad 2 memiliki fitur yang istimewa, seperti Syntax Highlighting, HTML, XML, PHP, CSS, VBScript, Resourve Script, C, C++, Python, Bath Files, Apache Files dan masih banyak lagi. Memiliki kemampuan drag and drop tes. Fitur lainnya termasuk regular expression search, shortcuts, auto indent, lonh line marker dan lainnya.

Komodo Edit

Komodo IDE merupakan teks editor yang memenangkan penghargaan, dan memiliki kemampuan yang sangat bagus, gratis dan open source. Fiturnya adalah autocomplete, calltips, syntax coloring, syntax checking, Vi emulation dan masih banyak lagi. Editor ini berjalan di hampir semua  platform misal di Linux atau Mac atau Windows. Komodo Edit mendukung sebagian besar bahasa pemrograman seperti PHP, Ruby, Perl, HTML, dan bahasa template seperti RHTML, Django dan masih banyak lagi.

TextPad

Didesain untuk dapat memberikan performa yang tinggi. TextPad dapat mengedit file berukuran besar hingga batas 32 bit virtual memory. Ini adalah text editor dasar yang dengan user interfce multi language : English, German, Italian, Polish, Portuguese, dan Spanish. Multi file dapat diedit secara bersamaan dan ada spell checker dengan kosakata kamus dari 10 bahasa merupakan salah satu dari fiturnya. Yang lainnya adalah shift, block indentation, transposing word, line, selain fitur umum cut, copy dan paste