Brosur dan Banner

Brosur atau biasa disebut pamflet dan leaflet adalah media beriklan yang biasa digunakan untuk memperkenalkan sebuah perusahaan atau organisasi, dan menginformasikan tentang produk dan jasa kepada masyarakat. Brosur dapat didistribusikan menggunakan pos, diserahkan secara manual atau diletakkan di rak, dan umumnya ditempatkan di tempat-tempat yang populer atau keramaian, seperti tempat wisata, hotel, pameran, restoran dan bazar.

Tipe paling umum dari sebuah brosur adalah brosur 1 lembar, brosur lipat 2 lembar, dan brosur lipat 3 lembar. Brosur 1 lembar memiliki 2 sisi yang dapat digunakan untuk menaruh informasi, sedangkan Brosur lipat 2 lembar memiliki 4 halaman dan Brosuer lipat 3 lembar memiliki 6 halaman.

Brosur berbentuk booklet memiliki beberapa halaman yang seringkali juga menggunakan sistem jilid atau jahit dan bahkan menggunakan paperback, umumnya terdiri dari 8 halaman atau lebih.

Brosur umumnya dicetak menggunakan proses cetak 4 warna (separasi warna) atau menggunakan kertas mengkilap yang tebal untuk menampilkan cetakan yang menarik. Untuk mencetak brosur dalam jumlah sedikit, kita dapat menggunakan printer komputer atau digital printer, sedangkan untuk mencetak brosur dalam jumlah besar dapat menggunakan mesin cetak.

Perbedaan brosur dengan flyer, brosur biasanya menggunakan kertas kualitas tinggi, lebih berwarna-warni dan memiliki lipatan.

Desain brosur harus menampilkan semua informasi yang perlu diketahui oleh calon konsumen dengan singkat dan jelas, mudah dibaca, eye-catching. Selain itu harus memiliki ukuran yang mudah ditempatkan di area publik, dikirim secara pos surat atau ditempatkan di rak travel, restoran, hotel. 

Beberapa informasi yang biasa ada di brosur:

Foto - Brosur wajib menampilkan foto yang menarik mengenai produk, layanan atau lokasi yang ingin dijual

Target - Desainer brosur harus mengetahui tipe konsumen dari bisnis produk atau jasa yang dijual, berapa usia, gender, lokasi, dll.

Pesan - Pesan dalam brosur harus tertulis jelas, tepat dengan bahasa menarik, sehingga memikan calon konsumen.

Tampilan - Brosur dapat ditampilkan dalam bentuk 1 lebar, lipat 2, atau lipat 3. Desainer dapat menggunakan mock-up untuk melakukan tes bagaimana tampilan brosur untuk calon konsumen.

Deskripsi - Deskripsi mengenai perusahaan, produk atau layanan yang jelas. Brosur yang baik akan menjelaskan dengan menarik apa saja yang ditawarkan sehingga akan menarik minat calon pembeli karena mereka akan merasa membutuhkan produk/jasa ini.

Lokasi - Desain brosur harus memiliki informasi alamat, peta atau website, agar konsumen dapat untuk menghubungi atau memperoleh info lebih lanjut.

Kami Visigraphic siap mendesain brosur untuk usaha anda, sesuai dengan jenis usaha anda, tipe konsumen dan target market yang diinginkan.